Pengertian Fungsi Kunci Momen Torque Wrench

Advertisement
Fungsi kunci momen - torque wrench alias kunci momen atau sering disebut juga dengan nama kunci torsi ini merupakan salah satu jenis kunci SST yang bisa kalian temui di bengkel - bengkel otomotif khususnya di bengkel mobil.

Pengertian Fungsi Kunci Momen Torque Wrench


Umumnya kunci momen ini berbentuk batang memanjang. dibagian ujung atas terdapat sebuah pen untuk menancapkan kunci shock, sedang dibagian ujung bawah dekat handle biasanya terdapat penyetel momen kekencangan yang diinginkan yang ditunjukkan dengan angka. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.

detail kunci momen kunci torsi


Fungsi kunci momen / kunci torsi

Fungsi dari kunci momen ini adalah untuk mengukur kekencangan baut / mur sesuai dengan spesifikasi kekencangan yang telah ditentukan berdasarkan mutu atau kualitas mur dan baut, sehingga baut / mur yang dikencangkan tadi tidak kendor, tidak menyebabkan ulir menjadi dol maupun baut menjadi patah.

Pengaplikasian kunci momen ini biasanya ada di tahap akhir dari proses mengencangkan baut setelah sebelumnya dikencangkan dengan menggunakan kuni pass maupun ring dengan menggunakan tangan biasa. Khusus pengencangan pada bagian komponen yang terbuat dari lempeng baja cor seperti blok mesin / head cylinder diperlukan pengencangan secara bertahap ( tidak langsung full ) guna menghindari efek puntir / yang bisa menyebabkan komponen tersebut pecah/ retak.

Jenis model kunci momen

Untuk model atau jenis kunci momen sendiri banyak sekali namun yang paling umum ditemui adalah kunci momen model klik seperti yang ditunjukkan gambar diatas. Berapa model kunci momen lain diantaranya ialah sebagai berikut.

jenis - jenis kunci momen
Ilustrasi jenis - jenis kunci momen


  1. Deflecting beam torque wrench
  2. Dial indicator torque wrench
  3. Click type torque wrench
  4. Pneumatic torque wrench
  5. Hydraulic torque wrench
  6. Digital torque wrench, dan lain sebagainya.

Cara menggunakan kunci momen

Menggunakan kunci momen ini sangat mudah, yang pertama dilakukan adalah mengatur setelan kekencangan kunci momen berdasarkan spesifikasi mutu baut. Selanjutnya pasang kunci shock dan extensionnya di bagian ujung momen dan lakukan pengencangan hingga terdengar bunyi klik.

Pada setiap kunci momen ini memiliki batasan maksimal dan minimal torsi yang bisa dikencangkan dan diukur dengan menggunakan kunci torque wrench. Agar nantinya kunci ini awet sebaiknya gunakan kunci momen dibawah nilai maksimum yang bisa diukur dengan menggunakan kunci torsi tersebut.

Cara menghitung torsi pengencangan baut

Untuk cara menghitung torsi pengencangan baut kalian bisa melihat melalui tabel torsi yang diberikan oleh pabrikan pembuat baut, hal ini dikarenakan bahan dari baut dengan jenis dan besar yang sama masing - masing berbeda tiap produsen sehingga untuk menentukan seberapa besar torsi baut yang perlu dikencangkan kita harus tahu tabelnya.



Subscribe to receive free email updates: