Bahaya Kapasitas Oli Shockbreaker Depan Motor Tidak Sama

Advertisement
automotivexist.blogspot.com - setiap motor pasti memiliki komponen shockbreaker sebagai penunjang kenyamanan saat berkendara, karena tanpa adanya komponen yang satu ini berkendara akan terasa kurang nyaman lantaran getaran saat motor melintasi jalan yang jelek akan langsung merambat keseluruh body motor termasuk ke tubuh kita.

Ilustrasi perbaikan shockbreaker, image by : motorcyclistonline,com


Selain berfungsi sebagai peredam kejut, ternyata keberadaan shockbreaker ini juga memiliki fungsi lain yakni sebagai penunjang stabilitas dalam berkendara. Jika kita sampai lalai tidak memperhatikan dengan baik selain bisa membuat kenyamanan berkendara berkurang, juga dapat menimbulkan resiko yang amat fatal terutama untuk shockbreaker bagian depan.

Baca juga : Tips sederhana merawat shockbreaker agar awet

Pada shockbreaker depan seiring penggunaannya tentu akan mengalami kerusakan pada bagian seal oli sehingga oli yang ada didalamnya pun bocor dan merembes keluar. Jika sampai hal ini tidak segera ditangani dengan baik, volume oli tadi lama kelamaan akan berkurang sehingga antara volume oli sebelah kiri dan sebelah kanan tidak sama banyak.

Shockbreaker yang olinya antara kiri dan kanan tidak seimbang akan membuat stabilitas sepeda motor menjadi buruk, sepeda motor bisa oleng baik saat digunaan menikung dengan kecepatan tinggi ataupun hanya sekedar di rem sehingga rentan terjadi kecelakaan.

Agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, sebaiknya segera lakukan perbaikan jika shockbreaker motor kesayangan mengalami kebocoran. Untuk proses perbaikannya sendiri sangat disarankan untuk mengisi oli dengan volume yang sama antara kiri dan kanan, untuk memperoleh hasil yang sama saat mengisi sangat disarankan menggunakan gelas ukur.

Untuk volume oli pun juga sebaiknya jangan terlalu sedikit ataupun terlalu banyak karena efeknya juga kurang baik, terlalu sedikit akan membuat shock terlalu lembut sehingga saat melewati jalanan yang jelek akan terasa mentok / jeduk, begitupun dengan volume oli yang terlalu banyak akan membuat shock menjadi keras.

Untuk mengetahui seberapa banyak volume oli yang harus dimasukkan kedalam shockbreaker, kalian bisa memperoleh informasinya melalui keterangan yang tertera pada botol kemasan oli.

Baca juga : Jarang dicek, baut sockbreaker belakang motor terlepas saat riding malam

Nah semoga informasi diatas dapat berguna.



Subscribe to receive free email updates: