Atasi Kabel Gas Dan Kopling Motor Seret

Advertisement
Atasi kabel gas kopling seret - seiring penggunaannya tentu kabel gas maupun kabel kopling pada sepeda motor akan mengalami seret, hal ni terjadi lantaran pelumas bawaan yang ada didalam selongsong kabel kopling dan gas sudah tidak bisa melumasi dengan baik, entah karena kotor maupun adanya endapan karat didalamnya.

Atasi Kabel Gas Dan Kopling Motor Seret
Bersihkan kabel kopling menggunakan cable lube, image via motocrossactionmag


Seretnya kabel kopling ini akan mengakibatkan jari - jari tangan menjadi mudah pegal karena menarik tuas kopling yang mengalami macet,begitu pula dengan kabel gas yang kemungkinan susah kembali saat di puntir gas nya.

Nah agar kabel kopling dan gas motor ini tidak seret langkah yang harus kalian lakukan tentunya membersihkan bagian dalam selongsong kabel kopling dan memberikan pelumasan ulang. Untuk cara membersihkannya lumayan mudah, cukup kalian lepas terlebih dahulu kabel kopling dari sepeda motor, lalu kemudian menyemprotkan minyak sayur maupun pelumas mesin jahit kedalamnya sambil kabel kopling dimainkan maju mundur hingga benar benar lancar.

Setelah itu kalian bisa memasang kembali kabel gas atau kabel kopling ke sepeda motor dan siap untuk digunakan.

Cairan yang direkomendasikan untuk membersihkan selongsong kabel kopling dan gas ini diantaranya adalah minyak sayur, minyak mesin jahit, contact cleaner, cable lube, dan cairan pembersih sejenis WD-40. Tidak dianjurkan membersihkan dengan menggunakan solar maupun oli, sebab oli memiliki kekentalan yang tinggi dimana mudah sekali mengikat kotoran, sedangkan untuk solar tidak baik untuk komponen plastik selongsong kabelnya karena bisa menimbulkan retak.

Nah demikian cara mengatasi kabel gas dan kabel kopling yang seret, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga : Ketahui berbaga penyebab stang motor tidak stabil



Subscribe to receive free email updates: