Penyebab Dan Mengatasi Busi Motor Basah Oli

Advertisement
Busi motor basah oli - pastinya hampir rata rata pemilik sepeda otor pernah membuka busi motor sendiri dirumah untuk sekedar mengecek ataupun membersihkan kepala busi dari kotoran berwarna hitam yang penempel disana. Beberapa diantaranya lagi pasti pernah menemukan adanya rembesan oli yang menyelimuti kepala busi, padahal dalam kondisi normal busi harus dalam keadaan kering.

Oli yang ada pada mesin ini berfungsi untuk melumasi seluruh komponen bergerak yang ada di bagian mesin, kecuali ruang bakar, sehingga jika kalian menemukan kepala busi yang terdapat oli mesin bisa dipastikan ada masalah disana.

Penyebab Dan Mengatasi Busi Motor Basah Oli


#Penyebab oli mesin membasahi busi

Oli motor yang membasahi kepala busi ini biasanya disebabkan adanya kebocoran pada ring seher / ring piston dan seal klep in dan ex yang, rusak sehingga oli merembes masuk kedalam ruang mesin dan membasahi busi. Oh iya, kebocoran tersebut selain menyebabkan oli masuk dan ikut terbakar  diruang mesin, juga dapat membuat kompresi mesin bocor sehingga tenaga mesin jadi loyo.

Oli mesin yang masuk kedalam ruang bakar dan tidak segera ditangani dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin. Pertama oli mesin yang merembes tadi akan masuk keruang bakar dan ikut terbakar sehingga menghasilkan polusi berupa asap putih yang keluar dari knalpot. Karena oli mesin selalu merembes dan terbakar, volume oli didalam mesin pun menjadi berkurang. Kurangnya oli didalam mesin dapat menyebabkan komponen bergerak yang ada didalam ruang mesin menjadi mudah panas dan aus.

Baca juga : Nih penyebab kompresi mesin bocor

#Akibat oli masuk kedalam ruang bakar

1. Mesin motor brebet

Akibat jika oli mesin sampai masuk kedalam ruang bakar dan tidak segera ditangani yang pertama adalah mesin motor jadi brebet. Hal ini dikarenakan oli yang terbakar tadi meninggalkan kerak yang akan menyelimuti bagian elektroda busi baik itu yang side electrode maupun center electrodenya. Dengan adanya lapisan kerak ini mengakibatkan percikan bunga api pada busi menjadi terganggu sehingga mesin motor pun kadang terasa brebet.

2. Keluar asap putih dari knalpot

Karena adanya oli yang masuk kedalam ruang bakar, secara otomatis oli tersebut juga nantinya akan ikut terbakar saat proses pembakaran berlangsung yang menyebabkan gas buang menjadi berwarna putih susu.

3. Usia pakai busi menjadi singkat

Karena adanya oli maupun kerak oli yang menyelimuti kepala busi, selain mengganggu persikan bunga api di kepala busi, juga dapat mengakibatkan temperatur busi menjadi berubah ubah yang nantinya dapat mempersingkat usia pakai busi.

4. Mesin motor macet / terkancing

Karena oli yang ada di dalam mesin sedikit demi sedikit masuk kedalam ruang bakar dan terbakar, maka volume nya pun berkurang sedikit demi sedikit. Bila kejadian ini dibiarkan tanpa ada penanganan atau perbaikan, dapat menyebabkan oli pelumas didalam mesin habis. Nah habisnya oli mesin inilah yang nantinya akan membuat komponen mesin motor yang saling bergesekan akan aus, memuai dan mesin pun rontok, terkancing, atau macet.

Baca juga : 5 Jenis busi terbaik untuk motormu

#Deteksi dini kebocoran ruang bakar mesin

Salah satu indikasi yang menandakan adanya kebocoran sehingga menyebabkan oli mesin masuk kedalam ruang bakar ialah keluarnya asap putih dari knalpot motor. Bila ada diantara kalian yang knalpot motornya keluar asap putih sebaiknya segera dilakukan pengecekan berupa membuka dan melihat kepala busi apakah ada sisa oli yang menempel disana ataukah tidak. Selanjutnya cek volume oli melalui dipstick oli, jika berkurang segera tambahkan sampai batas max dan segera bawa motor ke bengkel untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.



Subscribe to receive free email updates: