Ciri Gejala Kiprok Motor Lemah Atau Rusak

Advertisement
Gejala kiprok lemah - memang terkadang kiprok sepeda motor dapat rusak secara tiba tiba tanpa ada pertanda bahwa kiprok tesebut bermasalah. Kiprok motor yang mulai melemah ini pun tidak baik bagi sepeda motormu, pasalnya peran dari kiprok ini sangatlah vital bagi sistem kelistrikan kendaraan.

Gejala Kiprok Motor Lemah Atau Rusak

Ciri ciri kiprok motor mulai lemah

Kiprok motor yang sudah melemah kinerjanya biasanya akan memperlihatkan tanda tanda umum seperti dibawah ini :

1. Nyala lampu headlamp redup

Salah satu ciri yang bisa kalian ketahui jika kiprok motormu mulai melemah adalah meredupnya lampu headlamp sepeda motor. Dan jika motor digeber dengan rpm tertentu, lampu akan menyala semakin terang dan akhirnya putus.

2. Aki sering tekor

Aki yang sering tekor sehingga selalu minta di charger ulang ini pun menandakan bahwa kinerja kiprok sudah tidak bagus. Kiprok tidak bisa mengubah tegangan AC dari spul motor menjadi tegangan DC untuk pengisian aki. Sedangkan energi yang ada didalam aki tetap tersedot untuk menyalakan lampu lampu dan sistem pembakaran mesin.

Mengganti aki baru tidak bisa mengatasi masalah ini sebab  setelah digunakan beberapa kali aki akan tekor kembali dalam beberapa hari karena memang pengisiannya terganggu. Aki motor yang tekor menyebabkan motor jadi tidak bisa di starter pakai starter elektrik dan terpaksa harus memakai kick starter untuk menghidupkan mesin.

3. Kiprok tidak terasa hangat

Jika kerusakan kiprok sudah tergolong parah, saat motor dihidupkan kiprok tidak akan terasa hangat. Padahal normalnya kiprok seharusnya terasa agak hangat saat mesin motor dinyalakan.

Nah bila gejala gejala seperti diatas kalian temukan pada motor kesayangan, alangkah baiknya segera lakukan pemeriksaan kondisi kiprok motor di bengkel resmi ataupun bengkel umum kepercayaanmu.

Baca juga : Ketahui penyebab kiprok motor bisa rusak



Subscribe to receive free email updates: