waspada Benarkah bensin juga bisa kadaluarsa ?

Advertisement
Bensin bisa kadaluarsa ? - sebagian kendaraan bermotor roda empat dan seluruh jenis kendaraan roda dua saat ini masih menggunakan bahan bakar minyak berupa bensin agar kendaraan tersebut dapat dioperasikan. Nah tidak semua kendaraan yang menggunakan bahan bakar bensin selalu menghabiskan bahan bakarnya di saat itu juga, beberapa malah masih tersisa banyak di dalam tangki bahan bakar, lalu kemudian motor atau mobil disimpan di dalam garasi.

Nah yang jadi pertanyaan adalah apakah mobil dan motor yang menggunakan bensin ini, jika disimpan dalam waktu yang sangat lama, misalnya saja empat atau enam bulan tidak digunakan, bisa membuat bahan bakar bensin tersebut menjadi basi atau kadaluarsa ?

bensin kadaluarsa


Banyak isu yang mengatakan bahwa bensin yang disimpan lama ini akan menjadi kadaluarsa atau expired, sehingga dari sini mulai banyak yang beranggapan jika bensin yang sudah tidak terpakai selama enam bulan ini bisa rusak dan tidak bisa digunakan lagi, padahal tidak demikian.

Bahan bakar bensin TIDAK BISA KADALUARSA, yang ada hanyalah penurunan kualitas bahan bakarnya saja, sebab bahan bakar yang dapat menguap ini lebih banyak terjadi pemisahan senyawa sehingga jika disimpan terlalu lama dengan cara penyimpanan yang kurang baik akan membuat bahan bakar tersebut menurun kualitasnya. Jadi bensin akan tetap bisa digunakan untuk bahan bakar, namun kualitas sudah tidak sebagus dulu ketika pertama kali membeli di SPBU.

Baa juga : Waspada filter udara kotor bisa bikin boros bahan bakar

Faktor kerusakan bahan bakar bensin ini bisa terjadi lantaran di dalam tabung penyimpanan, misalnya saja tangki motor terdapat sebuah selang yang berfungsi sebagai saluran pernafasan, jika dibiarkan terlalu lama maka zat zat aditif bensin akan menguap melalui selang ini sehinga terjadi penurunan kualitas. Namun jika anda menyimpan bensin di tempat yang rapat, misalkan saja didalam tong kedap udara dan diletakkan didalam ruang yang bersuhu rendah, sampai kapanpun bahan bakar anda akan tetap terjaga kualitasnya.

Ciri bensin yang berkualitas buruk akibat lama disimpan

Dikutip dari laman yourmechanic menyebutkan beberapa ciri bensin yang sudah mulai menurun kualitasnya sehingga buruk jika dipakai untuk bahan bakar kendaraan yang diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Warna berubah menjadi gelap

Bahan bakar bensin yang disimpan dalam waktu yang lama dan telah menurun kualitasnya ditandai dengan warna bahan bakar yang semula kuning bening, atau biru bening akan berubah menjadi lebih gelap, misalkan saja dari yang semula kuning menjadi kuning gelap kecoklatan.

2. Berbau lebih asam

Ciri bahan bakar yang sudah menurun kualitasnya yang kedua ialah bau dari bahan bakar tersebut sudah tidak lagi fresh seperti hal nya bahan bakar yang baru, jika anda mencoba mencium aromanya akan tercium bau yang lebih asam dan menyengat.


Bahaya bensin yang sudah menurun kualitasnya

Meskipun bensin yang sudah menurun kualitasnya akibat terlalu lama disimpan dengan cara penyimpanan yang salah masih bisa digunakan, namun hal ini tentu akan memberikan efek samping dalam jangka waktu pakai yang lama. Bensin yang sudah menurun kualitasnya jika dipaksakan untuk digunakan sebagai bahan bakar kendaraan, nantinya akan meninggalkan residu atau jelaga baik itu disepanjang saluran bahan bakar maupun di bagian dalam ruang mesin, bahkan di sekitar injektor. Bila sudah begitu performa dari mesin mobil atau motor anda akan menurun.

Baca juga : Pengertian bilangan oktan pada bensin

Pengaruh bahan bakar terjadi penurunan kualitas

Untuk faktor yang bisa mempengaruhi penurunan kualitas dari suatu bahan bakar banyak sekali dan tidk hanya satu, mulai dari iklim dimana bahan bakar tersebut disimpan, baik buruknya formula suatu bahan bakar, proses penyimpanan dan pendistribusian bahan bakar yang diluar prosedur dan masih banyak faktor lainnya, termasuk juga dengan bahan aditif yang digunakan.

Nah agar bahan bakar yang terdapat didalam tangki motor kita tidak cepat menurun kualitasnya ketika disimpan, pastikan anda menyimpan motor anda didalam garasi yang bersuhu rendah, jangan terlalu sering memarkirkan motor dibawah terik matahari langsung, dan bila anda berencana meninggalkan kendaraan dalam waktu lama didalam garasi, anda bisa memanfaatkan zat aditif berupa stabilizer yang mampu menjaga kualitas bahan bakar tersebut tidak menurun.

Baca juga : Tips merawat tangki motor agar awet

Nah sampai disini penjelasan mengenai bahan bakar bensin, bensin tidak akan pernah bisa kadaluarsa, yang ada hanyalah penurunan kualitas saja, istilah kadaluarsa ini digunakan kebanyakan orang dalam mempermudah penyampaian saja. Semoga bermanfaat dan silahkan dibantu share.



Subscribe to receive free email updates: