Cara Stroke Up Mesin Motor Tanpa Merusak Kruk As

Advertisement
Cara instan stroke up motor - salah satu cara untuk mendapatkan tenaga mesin lebih besar selain dengan melakukan setting bahan bakar dan oksigen, ialah dengan melakukan perubahan di bagian dapur pacu yakni dengan melakukan bore up, stroke up maupun gabungan antara keduanya.

Bore up biasa dilakukan bagi mereka yang menginginkan power lebih besar di rpm tinggi atau putaran atas, sedangkan untuk stroke up sendiri biasanya dilakukan bagi mereka yang menginginkan power besar di rpm rendah atau putaran bawah. Dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit tips tentang bagaimana melakukan stroke up pada mesin motor tanpa harus merusak bagian kruk as / crank shaf mesin motor.

pin stroke tiger dan mega pro

Cara stroke up mesin motor tanpa merusak kruk as


Untuk melakukan stroke up pada mesin motor tanpa kita harus memindahkan atau menggeser posisi pin as stang piston, yang harus kalian lakukan adalah dengan mengganti pin big end dengan pin stroke racing, untuk bentuknya sendiri silahkan lihat gambar di atas :

Dengan cara ini kita tidak perlu lagi melakukan penggeseran pin big end / dudukan stang piston sedikit keluar dengan teknik pengelasan yang nantinya membutuhkan banyak biaya seperti biaya bongkar pasang dan pengelasan ulang, selain itu big end yang sudah digeser dengan teknik las ini akan sulit untuk dikembalikan ke kondisi standar. Belum lagi jika pada proses pengelasan tidak presisi akan membuat mesin motor menjadi bergetar.

Baca juga : Fungsi dan manfaat gas spontan pada motor

Melakukan stroke up tidak berhenti sampai disini, setelah kita melakukan penggantian pen stroke racing, kita juga harus memasang gasket dengan ketebalan yang sama, jika kita mengganti pen stroke 3mm, maka kita juga harus melapisi packing aluminium setebal 3mm di bagian bawah blok cylinder.

packing blok mesin 3mm


Dengan melakukan penggantian pen stroke tersebut akan membuat langkah piston menjadi lebih panjang , menaikkan kompresi mesin serta menambah kapasitas dari mesin motor kita, sehingga tenaga mesin pun menjadi naik, khususnya untuk tenaga di putaran bawah.

Harga pen stroke racing

Untuk harganya sendiri bervariasi tergantung merk apa yang kalian gunakan, beberapa merk pen stroke yang banyak digunakan diantaranya adalah LHK, CMS, QTT, RC3, CID, KAWAHARA dan lain sebagainya. Dan untuk harga yang ditawarkan berkisar antara 250 ribu hingga 400 ribu an.

Baca juga : Penting ! beberapa teknik pengereman sepeda motor yang wajib anda ketahui

Nah begitulah tadi cara melakukan stroke up pada mesin motor tanpa harus merusak bagian kruk as sehingga lebih praktis, efisien dan tentunya tinggal plug and play. Semoga bermanfaat dan salam otomotif.



Subscribe to receive free email updates: