Cara Melepas Baut Yang Patah Didalam

Advertisement
Cara melepas baut yang patah dengan mudah - bagi penggiat otomotif yang suka mengotak atik kendaraannya sendiri dirumah tentu pernah mengalami baut pengikat yang patah saat dilakukan pembongkaran maupun pemasangan sehingga proses bongkar pasang komponen pun menjadi terganggu.

Dan yang paling menyedihkan lagi adalah jika ternyata baut tersebut patah di bagian kepala baut ketika hendak dibuka, dan sisa patahan tadi masih menancap didalam lubang baut sehingga untuk membukanya kembali kita menjadi kebingungan.

cara lepas baut patah



Penyebab baut bisa patah
Banyak sekali penyebab kenapa baut bisa patah saat dilakukan pembongkaran, namun kebanyakan yang menjadi penyebabnya adalah baut yang hendak dibongkar tadi telah berkarat, dan dibarengi dengan cara membongkar yang tidak benar, dipaksa sehingga terjadilah kasus baut patah didalam blok mesin yang bisa bikin pusing tujuh keliling ini.

Sebelum hal ini terjadi kepada anda, sebaiknya sebelum melakukan pembongkaran pada baut yang sudah tua atau jarang dibongkar, pastikan anda menyemprotkan cairan penetran terlebih dahulu, kemudian memukul kepala baut agar cairan penetran tadi meresap dan meluruhkan karat yang ada sehingga terhindar dari baut patah.

Baca juga : Pengertian "rasio kompresi" pada mesin kendaraan

Bagaimana cara membuka baut yang patah didalam blok mesin ?
Jika sudah terlanjur baut yang anda buka paksa tersebut kondisinya patah didalam, maka ada dua pilihan yang bisa anda lakukan guna melepas sisa patahan baut yang tertinggal didalam lubang baut.

1. Melepas baut yang patah dengan las
Yang pertama adalah dengan menggunakan jasa tukang las, jika anda bisa sendiri tentu jauh lebih baik. Sekilas langkah melepas baut yang patah dengan alat las ini adalah sebagai berikut.

pertama semprot bagian patahan baut tadi dengan cairan penetran atau cairan perontok karat semacam WD40 dan didiamkan beberapa menit. Kemudian menyambung atau mengelas batang besi, baut lain atau mur ke patahan baut tadi hingga menyatu, selanjutnya setelah sambungan las tadi dingin, kita bisa memutar batang besi tersebut untuk mengeluarkan sisa patahan baut yang ada. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat tayangan video berikut ini :

Baca juga : Ini alasan kenapa mobil diesel harganya lebih mahal


2. Melepas baut yang patah dengan screw extracktor

cara lepas baut patah



Untuk melepaskan baut yang patah dan tertinggal selanjutnya adalah dengan menggunakan sebuah alat yang bernama screw extracktor. Alat ini semacam baut juga namun dengan bentuk bagian ujung merincing tirus dengan ulir terbalik, jika ulir baut pada umumnya kearah kanan, pada screw extractor ini ke arah sebaliknya. Sekilas proses melepaskan baut yang patah dengan menggunakan screw extractor ini ialah sebagai berikut.

Melumasi bagian baut yang patah dengan cairan penetran atau WD40 dan diamkan beberapa menit, hal ini berguna agar karat yang ada rontok. Kemudian lakukan pengeboran pada patahan baut tadi dengan ukuran mata bor yang lebih kecil, setelah itu masukkan screw extracktor kedalam lubang yang telah kita buat tadi, berikan sedikit pulukan ringan agar screw extracktor ini menancap sempurna baru kemudian putar screw extracktor kearah kiri untuk membuka patahan baut yang tertinggal didalam. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video berikut :

Nah bagaimana lumayan mudah bukan untuk melepas baut yang patah dan tertinggal didalam, semoga artikel diatas dapat bermanfaat, dan jangan lupa dibagikan. Terima kasih telah berkunjung.

Subscribe to receive free email updates: