Cara Atasi Tuas Kopling Motor Keras

Advertisement
Penyebab kopling motor keras - berkendara kendaraan roda dua alias sepeda motor tentu rasanya lebih enak menggunakan kopling manual, namun disisi lain menggunakan motor dengan kopling manual ini membutuhkan skill dibandingkan berkendara dengan motor jenis lain, misalnya motor bebek semi otomatis maupun motor matik.

kopling motor


Dan dalam penggunaannya pada motor ber kopling manual sering kali mengalami beberapa masalah yang salah satunya adalah keras / berat nya tuas kopling ketika dioperasikan sehingga membuat tangan kita mudah capek dan kram.

Baca juga : Cara ampuh bersihkan injektor motor yang kotor

Banyak sekali penyebab kenapa tuas kopling ini terasa keras yang diantaranya dikarenakan faktor perawatan yang kurang atau akibat adanya perubahan pada sistem kopling yang sudah dimodifikasi. Untuk mengatasi tuas kopling keras karena dua tersebut telah kami rangkumkan dibawah ini.

1. Mengatasi tuas kopling keras karena faktor perawatan

Hampir bisa dipastikan pengguna motor kopling manual sangat jarang sekali merawat bagian sistem koplingnya, hal yang paling sederhana seperti melumasi bagian dalam kabel kopling pun mereka tidak pernah melakukannya. Hal ini akan membuat air yang masuk kedalamnya mengendap dan menimbulkan karat, nah karat karat inilah yang nantinya akan mengganggu kinerja kabel kopling sehingga menjadi keras dan berat saat dioperasikan.

Bila anda adalah pemilik pertama dari motor kopling manual dan mengalami problem seperti ini, langkah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pelumasan pada bagian dalam kabel kopling dengan menggunakan pelumas khusus, oli atau bisa menggunakan cairan WD40 sembari dimain mainkan tuas koplingnya hingga seret nya menghilang. Namun jika tidak hilang bisa jadi kabel kopling tersebut sudah rusak dan waktunya diganti dengan yang baru.

2. Mengatasi tuas kopling keras setelah dimodifikasi

Penyebab tuas kopling menjadi keras selanjutnya ialah dikarenakan adanya perubahan atau modifikasi di bagian sistem koplingnya, misalnya saja karena motor yang telah diseting dengan setelan racing dan memiliki tenaga yang besar, tentu mengganti per kopling yang lebih keras guna mengakomodasi tenaga yang keluar dari mesin harus dilakukan, dan efek penggantian per kopling inilah yang menjadikannya lebih berat dari sebelumnya.

Untuk mengatasi tuas kopling yang keras akibat modifikasi di bagian per kopling, anda bisa melakukan perbaikan dengan cara yang sama dengan cara diatas guna memastikan bahwa kondisi kabel koplingnya bekerja dengan baik. Lalu melakukan sedikit perubahan di bagian tuas kopling bagian bawah yang menancap di blok mesin motor yakni dengan melakukan perpanjangan tuas tersebut sehingga saat dioperasikan kopling menjadi lebih enteng.

Namun jika cara kedua diatas dirasa masih belum membuat tuas kopling motor anda menjadi lebih enteng, ada jalan lain lagi yang bisa kalian lakukan agar tuas kopling motor yang telah dioprek menjadi lebih ringan, yakni dengan jalan mengganti kabel kopling konvensional dengan yang hidrolik.

Baca juga : 5 Jenis busi terbaik untuk sepeda motor

Nah cukup mudah bukan cara mengatasi kopling motor yang keras baik itu karena kabel kopling yang kurang kerawatan ataupun dikarenakan modifikasi di bagian per koplingnya. Semoga bermanfaat, jangan lupa di bantu share artikelnya dan terima kasih telah berkunjung.



Subscribe to receive free email updates: