Tempat Ideal Meletakkan APAR Alat Pemadam Didalam Mobil

Advertisement
Lokasi memasang alat pemadam mobil - salah satu upaya yang dapat kita lakukan guna berjaga jaga mencegah terjadinya kebakaran terhadap mobil ialah dengan memasang sebuah Alat Pemadam Api Ringan didalam kabin mobil.

Dalam pemasangannya pun alat pemadam kebakaran ini tidak boleh dipasang secara sembarangan, ada beberapa lokasi yang paling ideal guna menyimpan alat pemadam kebakaran ringan ini didalam ruang kabin mobil, disamping itu selain penempatan yang ideal, penggunaan braket atau dudukan APAR yang mudah untuk dilepas atau quick release sangat disarankan. Jangan sampai ketika si APAR ini dibutuhkan eh ternyata sangat sulit sekali ketika hendak diraih ataupun dilepaskan dari braketnya.

alat pemadam api mobil
Image by : autobild


Lokasi ideal meletakkan APAR di mobil

Untuk lokasi pemasangan atau peletakan APAR sendiri pun disesuaikan dengan besar kecilnya tabung alat pemadam yang kalian gunakan, jika alat pemadam tersebut hanya berukuran sangat kecil sekecil tabung spray yang hanya memiliki kapasitas 500ml hingga 1000ml bisa dipasangkan di bagian laci mobil, dibagian kolong jok mobil kursi penumpang depan, maupun bisa ditaruh dibagian kolong jok paling belakang Sedangan untuk APAR yang berukuran besar seperti APAR 3 kg, anda bisa menyimpannya di bagian kolong jok kursi penumpang bagian depan maupun di bagian kolong jok paling belakang.

Tempat Ideal Meletakkan APAR Alat Pemadam Didalam Mobil
Peasangan APAR dengan quick release bracket di jok depan mobil


Sebenarnya masih banyak sekali lokasi ideal lainnya seperti misalnya diletakkan di bagian bagasi mobil bercampur dengan tempat penyimpanan ban serep untuk jenis mobil sedan, dipasang di bagian luar berdekatan dengan tangki cadangan bahan bakar untuk kendaraan sejenis Jeep dan lokasi lokasi lainnya dimana APAR ini nantinya mudah untuk di raih atau diambil, serta tidak membahayakan si penumpang.

Baca juga : Inilah fungsi utama dari lampu DRL di mobil


lokasi memasang apar di mobil
Berbagai lokasi ideal penempatan APAR



Ukuran APAR yang disarankan

Untuk menentukan seberapa besar kapasitas alat pemadam api ringan yang dibutuhkan bisa disesuaikan dengan besarnya kendaraan yang kalian gunakan, jika mobil yang digunakan termasuk mobil berukuran kecil, anda cukup gunakan APAR berukuran 1kg, untuk mobil berukuran sedang anda bisa gunakan tabung APAR berukuran 2 hingga 3 kg, sedang untuk kendaraan besar bisa menggunakan alat pemadam berkapasitas 5 kg bahkan lebih.


Pemilihan braket APAR yang bagus

Karena pada umumnya peralatan pemadam api ringan ini memiliki bobot yang lumayan berat, maka dibutuhkan sebuah praket atau dudukan khusus yang mampu digunakan untuk mengikat tabung pemadam api ini agar tidak bergerak kemana mana, selain itu pilih juga mekanis braket dimana tabung APAR bisa dengan mudah dilepas saat dibutuhkan. Sangat disarankan untuk memilih sebuah braket APAR yang didesain secara khusus untuk digunakan di mobil.

Baca juga : Perlu gak sih bawa alat pemadam di mobil ?

Nah itulah tadi sekilas tentang lokasi penempatan tabung pemadam api didalam mobil yang paling ideal, semoga bermanfaat dan salam otomotif.



Subscribe to receive free email updates: