Home » , » Tips Mencuci Radiator Motor Agar Mesin Tak Overheat

Tips Mencuci Radiator Motor Agar Mesin Tak Overheat

Advertisement
Bolehkan radiator motor dicuci - kondisi cuaca yang ekstrim seperti debu dan kotoran yang beterbangan diudara, khususnya lagi disaat musim hujan mulai datang, tentu kotoran kotoran tersebut jika menempel dan mengendap di kisi kisi radiator motor akan sangat merugikan, pasalnya sistem pendinginan mesin menjadi kurang maksimal akibat terhalangnya udara yang akan melewati kisi kisi radiator guna mendinginkan mesin motor.

Nah untuk sistem pendinginan mesin motor saat ini rata rata sudah menggunakan pendingin cair alias pendinginan radiator, terutama sistem pendingin yang ada di motor sport. Dengan banyaknya kotoran yang hinggap di radiator, banyak pengguna sepeda motor yang mempertanyakan apakah radiator sepeda motor bisa dicuci ? kalau bisa dicuci, bagaimana kah cara mencuci radiator sepeda motor yang benar ?

Tips Mencuci Radiator Sepeda Motor


Karena radiator ini adalah sebuah saluran watercoolant atau air pendingin mesin yang panas untuk selanjutnya didinginkan dengan bantuan angin, maka syarat agar pendinginan menjadi maksimal adalah kisi kisi radiator haruslah terbebas dari yang namanya kotoran dalam bentuk apapun. Maka jika radiator sepeda motor ini mulai kotor, maka membersihkan adalah wajib hukumnya. Jadi tidak ada lagi alasan untuk bingung apakah radiator ini boleh dibersihkan ataukah tidak.

Cara mencuci radiator sepeda motor yang benar

Untuk cara mencucinya pun terbilang sangat mudah, anda cukup buka pelindung radiator atau apa saja yang mengganggu proses pencucian ( bila ada ) kemudian menyemprotkan air dengan tekanan rendah ke arah kisi kisi radiator, ingat gunakan hanya tekanan rendah saja, bisa menggunakan alat cuci motor jet steam yang bisa menghasilkan semprotan air dengan butiran sangat halus sehingga tidak akan merusak kisi kisi radiator.

Untuk proses mencuci menggunakan selang air dari air keran, sebaiknya cukup guyurkan saja airnya, tanpa menekan ujung selang sebab dengan menekan ujung selang hal ini akan membuat semburan serta tekanan air yang keluar semakin kencang dan bisa menyebabkan kisi kisi radiator malah terlipat.

Untuk kotoran seperti kerikil atau hewan kecil yang tersangkut bisa kalian ambil menggunakan pinset, serta memperbaiki kisi kisi yang terlipat ke posisi semula. Untuk menggosok dan membersihkannya bisa menggunakan sikat gigi yang halus dan lentur, cara menggosoknya juga jangan terlalu ditekan cukup di gosokkan saja secara perlahan searah lekukan kisi kisinya.

Baca juga : Fungsi tabung cadangan air radiator motor dan mobil

Nah dengan rutin memelihara kebersihan komponen kisi kisi radiator akan membuat kinerja pendinginan mesin menjadi lebih cepat dan dapat menghindarkan resiko mesin motor overheat akibat gagalnya radiator dalam mendinginkan mesin. Semoga bermanfaat dan salam roda dua.



Advertisement