Teknik Berhenti Di Tanjakan Dengan Rem Tangan

Advertisement
Cara Berhenti di tanjakan - salah satu masalah yang sering dialami oleh pengemudi pemula seperti saya ialah tidak tahu menahu tentang teknik berhenti di jalanan yang menanjak, terutama jika kondisi jalan tanjakan tersebut macet sehingga bila tidak tahu teknik berhenti di jalanan menanjak ini, saat mobil di berhentikan dan ingin melanjutkan berjalan menanjak, bisa mundur sehingga menabrak mobil lain dibelakang yang pastinya akan menimbulkan masalah bagi anda.

Untuk berhenti di jalanan menanjak sebenarnya bisa dilakukan dengan cara, yang pertama adalah dengan memanfaatkan pedal rem, ini ditujukan bila ingin berhenti dalam waktu yang singkat. Yang kedua adalah dengan melakukan injakan setengah kopling, hal ini juga dilakukan untuk mobil yang berhenti di jalanan menanjak dalam waktu sangat singkat, nah bila kemacetan di jalan tanjakan tersebut cukup lama, maka satu satunya cara yang harus kalian gunakan adalah dengan memanfaatkan tuas rem parkir. Untuk caranya silahkan lihat tahap demi tahap dibawah ini.

Teknik Berhenti Di Tanjakan Dengan Rem Tangan


Cara berhenti di jalan menanjak dengan rem parkir


Ketika anda sedang berkendara di jalanan menanjak dan terjebak macet dimana harus memberhentikan mobil tepat di posisi menanjak seperti ini, jangan gugup, cukup anda rem mobil hingga berhenti, selanjutnya tarik tuas rem tangan untuk menahan agar mobil tidak bergerak, kemudian posisikan tuas perseneling ke posisi netral.

Setelah kemacetan terurai dan anda hendak melanjutkan menanjak, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menginjak pedal kopling secara penuh, kemudian memasukkan tuas perseneling ke gigi paling rendah yakni gigi 1 dan tarik tuas rem tangan sekuat mungkin sambil menekan tombol pembebas rem parkir.

Kemudian lepas injakan pedal kopling secara perlahan dan di imbangi dengan menginjak pedal gas sampai mobil terasa seperti pincang atau bergetar, lalu kemudian turunkan tuas rem parkir atau rem tangan secara perlahan lahan sampai mobil bisa berjalan menanjak. Kuncinya disini adalah keserasian antara injakan pedal kopling, pedal gas dan juga cara memainkan tuas rem parkir.

Agar anda lebih berpengalaman akan hal ini, anda bisa mencoba belajar mengendarai mobil dan berhenti di jalanan yang menanjak dan kondisi lalu lintasnya sedang sepi. Pastikan juga rem tangan dapat berfungsi dengan baik dengan selalu rutin melakukan pengecekan serta perawatan berkala.

Itulah tadi teknik berhenti di tanjakan dengan memanfaatkan rem parkir atau hand rem, semoga bermanfaat dan semoga lekas bisa, salam roda empat.



Subscribe to receive free email updates: