Home » » Penyebab Magnetic Clutch AC Cepat Rusak

Penyebab Magnetic Clutch AC Cepat Rusak

Advertisement
Magnetic clutch AC mobil - salah satu bagian yang ada didalam sistem pendinginan AC mobil yang sering kali mengalami masalah yang menyebabkan tidak dinginnya AC mobil salah satunya adalah karena rusaknya komponen magnetic clutch atau katup magnet yang memiliki fungsi sebagai penghubung dan pemutus putaran mesin ke kompressor AC melalui belt drive.

Karena tidak berfungsinya katup magnet ini dengan baik, maka putaran yang seharusnya disalurkan dari drive belt ke kompressor AC tidak terjadi, tidak bekerjanya kompressor AC tentu sistem pendingin tidak bisa berfungsi.

Penyebab Magnetic Clutch AC Cepat Rusak

Penyebab magnetic clutch rusak

Penyebab kerusakan di bagian magnetic clutch ini pun beragam, namun kasus yang paling banyak membuat komponen ini gampang sekali rusak adalah akibat sering menaikkan rpm mesin secara mendadak di putaran tinggi berkali kali sehingga membuat gesekan pada clutch menjadi kencang dan kasar, sehingga membuat magnetic clutch mengalami keausan. Selain itu menyalakan AC mobil dengan suhu yang terlalu rendah pun juga bisa membuat magnetic clutch cepat mengalami kerusakan karena magnetic clutch akan sering melakukan on off atau putus nyambung. Lama nya usia magnetic clutch pun juga bisa menjadi penyebab kerusakan, dan kalau sudah begitu mau tidak mau kita harus melakukan penggantian komponen yang rusak dengan yang baru.

Cara merawat magnetic clutch agar awet

Beberapa ahli menyebutkan untuk mengurangi cepatnya kerusakan pada magnetic clutch, disarankan untuk mengatur posisi suhu AC di yang paling dingin ketika mobil melaju pada kecepatan yang tinggi dan dalam interval waktu yang cukup lama, misalnya memacu mobil di jalan tol.

Penggantian dan suku cadang

Ketika magnetic clutch mobil anda sudah mengalami kerusakan, bila masa garansi masih belum habis anda bisa melakukan claim ke bengkel resmi untuk digantikan komponen yang baru dan gratis. Untuk mobil yang sudah tidak lagi dijamin garansinya sebaiknya anda tetap menggunakan komponen atau suku cadang original, sebab kualitas produk original tentu saja jauh lebih baik dari produk aftermarket.

Selain itu untuk suku cadang original juga dijamin garansinya. Jadi meskipun garansi mobil sudah habis, ketika anda memutuskan untuk membeli suku carang ori dan dipasang di bengkel resmi, anda tetap memperoleh garansi suku cadang dengan jangka waktu tertentu ( setidaknya 1 sampai dengan 2 tahun masa garansi part ).

Nah itulah tadi beberapa penyebab kenapa magnetik clutch mobil cepat mengalami kerusakan sebelum waktunya. Untuk artikel seputar AC mobil silahkan baca list nya dibawah ini.





Semoga bermanfaat dan salam otomotif.


Advertisement