Home » » Kelebihan Suspensi Udara Dan Biaya Pemasangannya

Kelebihan Suspensi Udara Dan Biaya Pemasangannya

Advertisement
Kelebihan air suspension untuk mobil - Seiring bertambahnya ilmu pengetahuan muncullah teknologi teknologi terbaru, termasuk salah satunya adalah teknologi suspensi udara atau air suspension pada kendaraan.

Teknologi yang satu ini sudah banyak berkembang dan telah banyak diaplikasikan ke kendaraan kelas premium seperti mobil Marcedes Benz OH 1830 dan 1836 serta beberapa jenis kendaraan angkutan massal sekelas bus. Suspensi udara ini diklaim memiliki tingkat kenyamanan yang lebih nyaman dibandingkan suspensi jenis lainnya.

kelebihan suspensi udara


Dan dalam beberapa tahun akhir akhir ini penerapan teknologi suspensi udara telah banyak diaplikasikan terhadap kendaraan besar seperti bus, truk dan trailer. Jenis suspensi udara yang beredar ini ada dua jenis, yang pertama adalah suspensi udara jenis balon, dan yang kedua adalah suspensi udara jenis air silinder ( silinder udara ).  Dari berbagai riset yang telah dilakukan oleh para pengembang otomotif dunia menyebutkan bahwa dari kedua jenis suspensi ini, suspensi jenis balon adalah suspensi udara yang tingkat kenyamanannya jauh lebih bagus dibandingkan dengan suspensi udara jenis silinder.

Kelebihan suspensi udara

Salah satu kelebihan yang ada pada suspensi udara yang paling menonjol ialah suspensi ini bisa diatur ketinggiannya, sehingga pengendara bisa dengan mudah menyesuaikan kebutuhan penggunaan suspensi terhadap jalanan yang dilaluinya. Selain bisa diubah tinggi rendahnya suspensi udara ini memiliki tingkat ke empuk an yang lebih baik dibandingkan suspensi jenis lain.


Aplikasi suspensi udara terhadap kendaraan

Pada umumnya suspensi ini bisa dipasangkan atau diaplikasikan ke semua jenis dan type kendaraan, yang perlu diperhatikan hanyalah perhitungan yang harus benar benar teliti untuk melakukan penyesuaian. Pengaplikasian suspensi udara pada mobil yang dari bawaan bukan menggunakan suspensi udara termasuk dikategorikan kedalam bagian modifikasi ( kecuali memang dari standar pabrik telah menggunakan suspensi udara. Maka dari itu untuk pemasangan modifikasi suspensi udara terhadap kendaraan ini harus benar benar cermat melakukan perhitungan dalam memasangkannya di body dan chassis mobil.

Biaya pembelian dan pemasangan suspensi udara

Untuk biaya pemasangan pun bervariasi tergantung dengan merk suspensi udara yang dipakai, serta kerumitannya dalam memasangkannya kedalam kendaraan. Untuk pemasangan suspensi ini ke mobil jenis MPV ataupun sedan dan SUV membutuhkan biaya kurang lebih 17 juta hingga 40 juta an, dan untuk pemasangan suspensi udara di kendaraan besar seperti bus dan juga truk trailer membutuhkan biaya kurang lebih di angka 80 juta sampai 120 juta an rupiah. Kenapa mahal sekali ? jelas karena suspensi udara ini adalah jenis suspensi dengan teknologi canggih dimana mampu menghadirkan kenyamanan dalam berkendara, sehingga wajar bila harganya pun juga sangat mahal.

Perawatan suspensi udara mobil

Untuk cara perawatan dari suspensi jenis udara ini juga berbeda dengan perawatan serta perbaikan suspensi jenis lainnya, hal ini dikarenakan dalam sistem kerja suspensi udara ini banyak sekali komponen komponen yang dibutuhkan sebagai pendukungnya seperti contohnya adalah kompressor udara, tabung udara, pressure gauge, kabel dan selang udara serta selenoid. Kita harus rutin melakukan pengecekan serta perawatan berkala pada bagian ini.

vellfire air suspension kit
Suspensi udara kit untuk Toyota vellfire

Nah itulah tadi sekilas mengenai kelebihan suspensi udara serta ongkos pasang suspensi udara pada mobil. Untuk tulisan kami lainnya seputar suspensi silahkan anda baca melalui daftar dibawah ini :



Semoga bermanfaat dan salam otomotif.


Advertisement

Advertisement