Musim Hujan Tiba Waspada Rantai Motor Putus Mengancam Keselamatan Anda

Advertisement
Bahaya rantai motor putus - merawat rantai motor tak kalah pentingnya dengan perawatan bagian lain seperti perawatan ban, mesin dan komponen penambah kenyamanan seperti shock breaker dan sejenisnya, terlebih di saat musim hujan tiba, rantai yang tidak dirawat dengan baik sangat rawan putus ditengah jalan.

Hal ini karena dipengaruhi oleh air hujan yang mengenai rantai akan membuat pelumasan rantai menjadi hilang sehingga rantai akan lebih mudah terkikis / menipis dan ujung ujungnya rantai motor putus.

waspada rantai motor putus


Putusnya rantai sepeda motor ini ketika sepeda motor dipacu dengan kecepatan tinggi akan berakibat sangat fatal, rantai yang putus bisa langsung masuk dan terjepit didalam as roda yang kemudian akan mengunci putaran roda dan mengakibatkan ban belakang langsung slip dan membuat anda terjatuh dengan keras. Atau bahkan rantai motor yang putus ini bisa melayang dan menghantam punggung anda atau boncenger yang bisa mengakibatkan cedera.

Nah agar tidak terjadi hal yang demikian maka anda harus memberikan perhatian khusus rantai sepeda motor anda disaat musim penghujan tiba. Caranya juga terbilang sangat mudah, cukup lakukan pemeriksaan secara berkala tiap pagi hari saat motor hendak digunakan, dan rutin memberikan pelumas khusus rantai motor setiap kali motor selesai dicuci akibat kehujanan. Dan pastikan juga anda mengatur kekencangan rantai motor yang benar, usahakan jarak bebas rantai tidak lebih dari 2 cm dan jangan terlalu kencang.

Dengan kita selalu rutin memberikan perawatan pada bagian rantai ini maka kita menjadi lebih gampang tahu jika ada masalah pada rantai sepeda motor, misalnya rantai terlihat tipis dan terkikis dan rawan putus sehingga kita dengan tanggap melakukan penggantian rantai usang dengan yang baru.

Baca juga : Ini penjelasan kenapa tidak boleh melumasi rantai motor dengan oli bekas

Kata kunci terkait rantai sepeda motor :

melumasi rantai motor dengan minyak goreng
cara merawat rantai motor agar tidak berkarat
pelumas rantai motor yang bagus
cara merawat rantai motor cb150r
cara merawat rantai motor agar tidak berisik
cara merawat rantai motor vixion
perawatan rantai motor honda
cara menyepuh gear motor
akibat rantai terlalu kencang
rantai motor kencang sendiri
penyebab rantai motor dorceng
cara mengatasi rantai motor kendor
kenapa rantai motor kendor kenceng
cara menyetel rantai motor yang benar
rantai motor bunyi kletek kletek
kenapa rantai motor bisa kendor

Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: