Home » , , » Kenali Penyebab Warna Cat Mobil Motor Cepat Rusak

Kenali Penyebab Warna Cat Mobil Motor Cepat Rusak

Advertisement
Penyebab warna cat kendaraan rusak - warna cat motor ataupun mobil yang belang dan kusam sudah tentu akan sangat tidak sedap dipandang, dan warna kendaraan yang catnya rusak atau kusam mencerminkan bagaimana si pemiliknya melakukan perawatan, khususnya perawatan bagian eksterior kendaraan. Ingat bahwa perawatan pada kendaraan ini meliputi 3 hal yang diantaranya adalah perawatan mesin dan komponen lainnya, perawatan interior ( khusus mobil ) dan perawatan eksterior ( mobil dan motor ).

Sebagai pemilik kendaraan yang pintar tentu mereka akan tahu bagaimana caranya merawat kendaraan medeka khususnya perawatan eksterior ini dengan baik sehingga penampilan pun menjadi terpelihara. Nah agar anda mengetahui bagaimana cara merawat cat motor atau mobil yang baik dan benar, sebaiknya anda juga mengetahui berbagai penyebab kenapa warna cat mobil dan motor tersebut menjadi cepat rusak, sehingga nantinya anda bisa menghindari.

parking area

Penyebab warna cat mobil - motor kusam dan rusak



1. Memarkirkan kendaraan tepat dibawah terik matahari

Salah satu hal yang bisa menyebabkan warna cat motor dan mobil menjadi cepat kusam adalah memarkirkan kendaraan di bawah terik sinar matahari langsung, hal ini paling sering kita temui pada area parkiran terbuka yang berada di pinggir jalan. Jika kendaraan sampai terkena sinar matahari langsung, maka secara otomatis cat akan langsung terpapar radiasi ultra violet yang menimbulkan dekontruksi pada lapisan car, warna cat pun menjadi memudar, kusam dan bahkan berubah menjadi agak kekuning kuningan.

Baca juga : Tips beli cover mobil yang tidak luntur dan merusak cat

Oleh karena itu bila kalian hendak memarkirkan kendaraan sebaiknya parkirkanlah di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. Jika ternyata tidak ada tempat teduh untuk memarkirkan kendaraan, setidaknya anda membawa cover mobil atau cover motor untuk menutupi kendaraan anda dari sinar matahari langsung. Oh iya pastikan juga kalian membeli cover mobil / motor yang bermerk bagus dan terjamin kualitasnya, sebab beberapa merk cover mobil bisa luntur dan bahkan bisa membuat cat mobil jadi belang akibat kelunturan warna cover.


2. Debu pada cat yang tidak segera dibersihkan

Memang hal ini terlihat sangat sepele sekali, banyak orang yang membiarkan kendaraan mereka tertempel debu bahkan sampai tebal dan tidak sesegera mungkin membersihkannya. Padahal debu yang melekat pada permukaan cat dalam waktu yang lama bisa membuat daya mengkilat pada cat menjadi berkurang. Belum lagi jika debu tadi mengandung beberapa unsur kimia perusak cat, lambat laun cat pun pasti rusak dibuatnya. Oleh karena itu sebaiknya sebisa mungkin luangkanlah waktu anda untuk sekedar membersihkan debu yang menempel ini. Kalian bisa memakai kemoceng, kain micro fiber atau lebih bagus lagi jika anda mencucinya, tentu saja cara mencucinya pun juga harus benar.


3. Cat terkena minyak

Minyak biasanya memiliki senyawa yang bisa menyebabkan rusaknya lapisan cat baik itu secara bertahap lapis demi lapis, atau langsung menggerus permukaan cat hingga terlihat besinya saja seperti minyak rem. Waspadalah anda terhadap minyak rem karena minyak ini tergolong keras dan sangat merusak cat motor / mobil, maka dari itu jika anda tidak sengaja menumpahkan minyak rem ke permukaan body mobil sebaiknya langsung segera siram menggunakan air bersih kemudian mengelapnya dengan kanebo. Kenapa harus pakai air bersih ? karena minyak rem ini dapat larut kedalam air sehingga cara termudah untuk membersihkannya adalah dengan menyiramkan air. Untuk minyak jenis lain seperti bahan bakar solar dan sejenisnya sebaiknya lakukan pencucian pada bagian yang terkena atau terciprat.


4. Terkena hujan dan tidak segera dicuci

Air hujan yang turun dari langit ini mengandung berbagai jenis polutan dan juga racun yang ketika polutan tadi diudara terperangkap oleh air hujan dan ikut turun mengenai permukaan cat kendaraan. Salah satu senyawa yang terkandung pada air hujan adalah senyawa asam sitrat yang memiliki rumus kimia HNO3 dimana zat asam ini bisa menyebabkan kerusakan cat mobil / motor, dan jika terkena bagian besi seperti chassis juga bisa menyebabkan karat dan korosi.

Jika kendaraan anda kehujanan, sebaiknya langsung lakukan pencucian guna menghilangkan air hujan yang mengandung unsur senyawa polutan yang merugikan ini. Jika anda malas mencuci mungkin karena kecapai an, cukup anda siram mobil / motor dengan menggunakan air kran / sumur dan mengelapnya menggunakan kanebo, anda bisa mencucinya dilain waktu.


5. Cara mencuci motor yang kurang tepat

Selain poin yang telah disebutkan diatas, salah satu penyebab kenapa cat kendaraan mudah kusam dan rusak adalah cara mencuci kendaraan yang tidak benar / kurang tepat, misalnya saja mencuci dengan menggunakan sabun colek, sabun mama lemon, sabun cuci piring dan sejenisnya. Ingat bahwa beberapa jenis sabun diatas memiliki kandungan kimia yang sifatnya keras dan merusak cat. Memang efeknya tidak akan langsung terasa, namun penggunaan dalam jangka panjang pasti akan terasa. Maka dari itu jika ingin mencuci motor sendiri alangkah baiknya anda menggunakan sabun atau sampo khusus untuk mencuci motor / mobil.

Baca juga : Pantangan yang harus dihindari saat mencuci motor - mobil


6. Cara mengeringkan yang tidak benar

Setelah mencuci kendaraan biasanya kita akan langsung melakukan pengeringan dengan cara mengelapnya menggunakan kain mikro fiber ataupu kanebo. Nah pada saat melakukan pengelapan ini usahakan anda mengelap seluruh permukaan body mobil atau motor dengan teliti, jangan sampai anda meninggalkan setetes air pun, karena nantinya air yang tidak dilap ini akan meninggalkan noda bercak atau belang pada permukaan cat dan akan sangat sulit dibersihkan di lain waktu. Pada kendaraan roda 4 kita sering kali menemukan bercak putih yang ada pada bagian gagang pintu, bagian bawah kaca spion atau dibagian pintu bawah mobil akibat cara pengeringan yang kurang baik.

Baca juga : Alat standar yang diperlukan untuk buka usaha cuci motor

Nah diatas adalah beberapa hal yang bisa membuat cat mobil atau motormu menjadi cepat kusam dan rusak. sebisa mungkin hindarilah hal hal diatas agar tampilan kendaraan anda selalu OK dan keren.


Advertisement