Fungsi Lain Dari Rem Tangan Atau Hand Brake

Advertisement
Fungsi lain dari rem parkir mobil - mungkin yang anda ketahui fungsi dari rem parkir atau rem tangan ini ialah digunakan atau difungsikan khusus hanya pada kendaraan ketika sedang dalam keadaan terparkir, padahal masih banyak sekali fungsi atau manfaat lain dari tuas rem tangan atau rem parkir ini yang bisa kita pergunakan dengan baik.

Lalu apa sajakah fungsi dari tuas rem parkir yang ada pada sebuah mobil tersebut selain difungsikan untuk menahan posisi mobil agar tidak berpindah atau bergeser dari posisi semula saat sedang diparkirkan ? dibawah ini adalah beberapa fungsi lain yang bisa kalian manfaatkan dari sebuah rem tangan.

hand brake

1. Membantu mengistirahatkan mobil sejenak di lampu merah

Ketika anda sedang mengemudi dan kebetulan sedang terkena lampu merah sehingga mengharuskan anda untuk berhenti sejenak, maka dengan memanfaatkan rem tangan ini membuat anda tidak perlu lagi harus capek capek menginjak pedal rem dan tidak perlu takut mobil berjalan sendiri di lampu merah yang menanjak atau menurun. Namun yang perlu anda perhatikan adalah, jangan sampai anda lupa untuk menonaktifkan kembali rem tangan jika lampu sudah menyala hijau ya.

Baca juga : Penyebab lampu indikator rem tangan nyala terus

2. Membantu stop and Go di jalan menanjak

Yang namanya macet tentu saja tidak mengenal yang namanya kondisi jalanan, baik itu dijalan rata, dijalan menurun ataupun di jalan menanjak. Nah seringkali jalanan jalanan menanjak ini mengalami kemacetan bahkan sampai ada yang parah misalnya jalur ke puncak. Dengan adanya rem tangan ini anda bisa memanfaatkan mobil untuk stop and go pada jalanan tanjakan tanpa takut mobil kembali mundur dan menabrak kendaraan lain dibelakang. Penggunaan rem parkir atau rem tangan di jalan tanjakan yang macet ini lebih disarankan ketimbang menggunakan rem kaki.

3. Untuk membantu melakukan manuver ekstrim ( drifting )

Ada sebuah olahraga mobil yang mana si pengemudi harus melakukan belokan belokan alias manuver tajam yang disebut dengan olahraga slalom / drifting, dan untuk melakukan hal itu diperlukan yang namanya tuas rem tangan. Tanpa adanya rem tangan ini anda tidak bisa melakukan itu semua.

4. Membantu pengereman mobil saat pedal rem mengalami blong

Terkadang karena panik atau apa, ketika seseorang terjebak dengan kondisi pedal rem yang tidak mau merespon alias blog, mereka menjadi nge blank dan tidak tahu harus berbuat apa untuk menghentikan atau memperlambat laju mobilnya. Nah dengan memanfaatkan rem tangan diikuti dengan penggunaan engine brake ini, akan sangat membantu anda dalam menghentikan laju mobil yang remnya mengalami blong.

Baca juga : Tips aman memperlambat laju mobil dengan engine brake

Nah ternyata banyak juga ya manfaat lain dari sebuah rem tangan alias rem parkir ini. Semoga tulisan diatas dapat memberikan pengetahuan yang lebih dalam mengenai fungsi dan manfaat rem tangan mobil. semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: