Cara Cek Freon Ac Mobil Habis

Advertisement
Freon AC habis - pernahkah anda mengalami kejadian dimana AC mobil anda sudah tidak lagi terasa dingin dan yang keluar hanya hembusan angin saja ?.

Waspadalah bila mobil anda mengalami kehabisan freon yang bila dibiarkan dan tidak ditindak lanjuti akan berdampak pada kerusakan sistem AC mobil, dan bila sudah demikian maka biaya perbaikan pun akan jauh lebih mahal.


high side pressure port
Source picture : eltel15.wordpress.com


AC mobil yang sudah tidak lagi terasa dingin selain disebabkan karena evaporator yang kotor dan berlendir juga bisa disebabkan oleh habisnya cairan freon yang digunakan untuk proses pendinginan, dan oleh sebab itu andapun perlu mengecek secara manual terlebih dahulu dan bila ternyata memang habis freonnya segeralah lakukan perbaikan di bengkel servis AC terdekat.

Baca juga : Badan meriang setiap turun dari mobil ? Mungkin AC anda penyebabnya

Ciri ciri mobil yang AC nya kehabisan freon

  • Ac tidak terasa dingin dan yang keluar hanyalah hembusan angin dari dalam saluran AC.
  • Kipas AC tidak terputar ketika AC dalam kondisi On serta rpm mobil tidak meninggi.
  • Tidak terdengar hentakan atau bunyi kompressor AC bekerja karena magnetic clutch didalam kompressor di cut aliran listiknya oleh switch pressure, hal ini agar kompressor tidak mengalami kerusakan.
  • Akibat bekerja tanpa freon.

Cara mengecek apakah freon sudah habis atau belum

Untuk melakukan pengecekan ini caranya cukup mudah, yang harus anda lakukan hanyalah menemukan high side port atau lubang pengecekan pada selang tekanan tinggi. Bentuknya mirip dengan pentil udara. Silahkan anda temukan bagian tersebut, kemudian silahkan buka penutup high side port nya yang biasanya ditandai dengan huruf " H " , selanjutnya tusuk dengan menggunakan alat penusuk seperti paku atau benda lainya dan lihatlah, bila terdapat semburan gas dari dalam high side port tersebut artinya freon masih ada. Namun bila tidak ada gas yang keluar dari situ maka sudah bisa dipastikan freon AC mengalami kebocoran dan habis.

cek freon habis



Perlu untuk diketahui bahwa freon yang ada didalam sistem AC tidak akan pernah bisa berkurang apalagi habis jika didalam sistem tersebut tidak mengalami kebocoran.

Baca juga : Beginilah ciri kompressor AC bermasalah

Bagaimana mudah sekali bukan caranya mengecek freon AC mobil ? semoga bermanfaat dan jangan lupa dibantu share.




Subscribe to receive free email updates: