Penyebab RPM Mobil Naik Turun Tidak Karuan

Advertisement
Pernahkah kalian para pemilik mobil mendapati mobil kesayangan ketika dinyalakan / distarter kemudian rpm mesin menjadi tidak karuan naik turun atau respon rpm tersebut menjadi kurang atau lambat?

Beberapa kemungkinan ini akan menjadi penyebab kenapa rpm mobil tersebut menjadi tidak beraturan sehingga membuat bingung kita sebagai si empunya mobil, dan cobalah cek bagian ini untuk mengatasi rpm yang naik turun tidak jelas.

idle speed control


Didalam dunia otomotif dikenal istilah idle dimana kondisi rpm atau putaran mesin dalam keadaan stabilnya. Dan secara otomatis bila rpm mesin menjadi naik turun tidak karuan sudah tentu ada masalah pada bagian sensor idle speed control nya ( ISC ). Cobalah untuk membersihkannya dengan jalan cabut sensor tersebut kemudian bersihkan menggunakan pembersih mesin atau 4WD hingga terbebas dari kerak karbon.

Selanjutya bisa anda pasangkan kembali sensor tersebut ke tempatnya semula dan cobalah nyalakan mesin apakah sudah bisa idle ataukah belum. Bila setelah membersihkan ISC ternyata mobil masih tidak bisa stasioner cobalah bersihkan bagian bagian berikut :


  1. Membersihkan saringan udara dari kotoran yang menempel
  2. Membersihkan trottle body dari sisa karbon pembakaran
  3. Memeriksa selang vakum jangan sampai ada yang bengkok,terlilit atau tersumbat


Namun bila ternyata setelah melakukan hal hal diatas mobil masih belum juga iddle silahkan anda hubungi bengkel resmi terdekat dikota anda untuk dilakukan pengecekan yang lebih spesifik menggunakan alat detector khusus yang langsung bisa diketahui penyebabnya.

Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates: