Cara Merawat Ban Motor Agar Awet

Advertisement
Tips merawat ban motor agar awet - Tentu bagi para bikers sudah mengetahui setiap medan jalanan yang sering mereka lalui beraneka ragam mulai dari jalan yang mulus hingga jalan berlubang dan bergelombang maka dari itu anda harus pandai - pandai dalam melakukan perawatan terhadap ban agar ban lebih awet serta tetap greget walau usianya sudah usang.

Nah bagi kalian yang belum tahu bagaimana cara yang benar dalam merawat ban motor agar awet, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Cara Merawat Ban Motor Agar Awet


Cara perawatan ban motor agar awet

Menjaga tekanan udara

Tekanan udara didalam ban adalah faktor utama untuk menjaga ban tetap awet. Ban yang memiliki tekanan angin diatas standart ( terlalu keras ) dapat menyebabkan hal - hal yang tidak diinginkan ketika anda memacu kuda besi anda karena dapat menyebabkan ban menjadi slip.

Begitu juga tekanan ban yang dibawah standart ( terlalu lembek ) karena dapat berimbas buruk untuk ban itu sendiri ( kontur ban cepat rusak ) serta velg motor yang mudah penyok karena ban melintasi jalan berlubang. Selain itu ban yang kekurangan angin akan lebih mudah tertembus paku yang ada di jalanan.


Perhatikan medan yang dilalui

Selalu waspada dan selalu memperhatikan jalanan di dean anda,bila jalan yang sdang anda lalui adalah jalan berlubang / bergelombang alangkah lebih baik anda pacu motor anda secara perlahan, tidak usah terburu - buru karena hanya akan memicu celaka bagi diri anda sendiri dan tentu saja akan merugikan bagi pengguna jalan yang lainnya.

Memilih jenis ban yang tepat

Bila anda tinggal di daerah dengan kondisi jalanan yang rata,beraspal anda dapat memilih jenis ban racing dan sesuaikan ukuran,jangan terlalu kecil dan terlalu besar. Ban kecil sering kali slip dan menyebabkan kecelakaan. Begitu juga dengan ban besar lebih susah untuk di kendalikan kecuali anda adalah penunggang motor ber kapasitas mesin yang besar dan lihai dalam mengendalikan laju sepeda motor.

Bila anda bertempat tinggal didaerah bukit,dengan kondisi jalan yang berlumpur maka ban dengan tekstur kasar adalah pilihan yang paling baik ( ban offroad ). Ingat bentuk serta kondisi ban yang anda pilih akan menentukan kenyamanan anda dalam berkendara serta keselamatan diri anda. Pilihlah ban yang hendak anda gunakan dengan bijak.

Membersihkan ban setelah digunakan

Selesai berkendara alangkah baiknya anda membersihkan ban sepeda motor dari segala kotoran yang ada, termasuk kerikil yang mungkin saja terselip diantara alur telapak ban yang bisa jadi bisa menyebabkan kebocoran pada ban, atau bahkan bisa menyebabkan ban menjadi selip saat digunakan menikung.

Jangan menggunakan semir ban berlebihan

Terkadang agar tunggangan kita terlihat ciamik banyak hal yang akan kita lakukan, termasuk salah satunya adalah dengan menyemir ban sepeda motor kita menggunakan semir ban yang saat ini sudah banyak sekali dijual di pasaran dengan berbagai merk.

Dan dalam penggunaannya sebaiknya anda perlu hati hati, jangan terlalu berlebihan. Cukup usapkan ke bagian dinding ban dengan menggunakan kuas atau spons. Jika terlalu banyak memakai semir ban sampai menetes ke bagian telapak roda, bisa dikuatirkan ban akan mudah slip.

Gunakan berkendara sewajarnya

Banyak sekali anak anak remaja yang menggunakan kendaraan secara sembrono, kebut kebutan dan lain sebagainya. Hal ini selain dapat memperpendek masa pemakaian ban, juga sangat berbahaya bagi keselamatan di jalan raya. Maka dari itu pakailah kendaraan anda sewajarnya saja, jangan terlalu banyak gaya di jalan raya yang mungkin hanya akan membawa celaka.

Jika ban motor anda sudah mengalami kebotakan alias keausan alangkah lebih baik segera lakukan penggantian dengan ban yang baru. Semoga bermanfaat.



Subscribe to receive free email updates: