Ketahui Berapa Usia Aki Mobil Standard

Advertisement
Usia standar aki mobil - mungkin Ada beberapa dari pembaca yang memang kebetulan mencari informasi mengenai Berapa usia standar aki mobil ? bagaimana cara merawat dan menghemat aki mobil ? dan informasi lain tentang aki silahkan dibaca melalui daftar artikel di akhir postingan ini. Dan khusus pada kesempatan kali ini saya akan fokus membahas batas usia pakai batterai aki di mobil.

usia standar aki mobil


Sekarang ini kebanyakan produsen menggunakan aki type basah, selain karena lebih tahan lama, aki type basah ini pun sangat mudah sekali dalam melakukan perawatannya.Untuk usia pemakaian aki standar semua rata - rata dealer mobil memberikan garansi aki selama 2 tahun atau per 50.000 km, jika aki sudah sowak alias drop sebelum masa garansi habis biasanya aki akan diganti baru dan gratis oleh dealer resmi. Jadi dengan melihat masa garansi, anda bisa mengetahui bahwa usia aki standar bawaan mobil adalah dua tahun.


Namun bila anda mampu merawat aki mobil dengan benar, aki mobil anda bisa mampu bertahan jauh lebih lama dari batas waktu yang ditentukan oleh pabrikan. Maksimal penggunaan aki standar bahan bisa mencapai usia tiga tahun bila dirawat dengan benar.

Baca juga : Waspada ini bahaya terlalu sering gunakan semir ban jenis silikon

Khusus untuk aki yang bukan original bawaan mobil yang dijual di toko - toko variasi, biasanya banyak penjual aki jenis ini memberikan garansi selama 6 bulan hingga 1 tahun atau dalam jarak tempuh sejauh 25.000km. Aki yuasa adalah jenis aki mobil aftermarket yang seringkali digunakan oleh sebagian besar pemilik kendaraan sebagai aki pengganti ketika aki bawaan sudah drop.


Untuk panjang usia pemakaian aki sendiri juga ditentukan dari cara pakai si pemilik mobil, Apakah alat kelistrikan yang ada di mobil masih standart semua ataukah sudah diganti dengan berbagai komponen aftermarket yang variasi dengan watt yang lebih tinggi dari aslinya misalnya pengubahan lampu depan standar dengan lampu HID dan sejenisnya. Atau apakah ada perangkat tambahan lain seperti sound system dn lain sebagainya yang bisa langsung menghisap energi listrik jauh lebih banyak dan mengakibatkan drop nya aki mobil.


Tips memperpanjang usia pakai aki mobil

Untuk memperpanjang usia aki berikut tips yang dapat anda terapkan agar aki tetap prima dan terhindar dari rasa takut tidak dapat starter karena aki tekor.


  • Ketika hendak menstarter mobil sebaiknya matikan semua perangkat yang membutuhkan listrik seperti blower AC,radio tape,lampu lampu,hal ini dimaksudkan agar daya yang ada pada aki tidak terpakai oleh perangkat tersebut. Anda dapat menyalakan kembali perangkat tersebut setelah mesin menyala.
  • Jangan lupa juga untuk mematikan semua lampu - lampu ketika anda memarkirkan mobil,kebanyakan pemilik mobil toyota vios lupa mematikan lampu kabut sehingga menyala sepanjang hari sampai aki kehabisan dayanya.
  • Bila anda ingin menambahkan beberapa perangkat audio alangkah baiknya anda pasang juga converter untuk menuplay tenaga.
  • Selalu perhatikan ketinggian cairan elektrolit didalam aki,bila berkurang sebaiknya anda tambah,bisa dengan menggunakan air mineral.


Untuk tulisan terkait masalah aki, silahkan baca juga daftarnya dibawah ini :


Nah semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi pembaca dan jangan lupa untuk di share setelah membaca kawan, salam otomotif.



Subscribe to receive free email updates: