Cara Mengetahui Kampas Kopling Sudah Habis Atau Aus

Advertisement
Berikut adalah Salah satu tips Cara Mengetahui Kampas Kopling Sudah Habis Atau Aus yang dapat anda praktekkan sendiri sebelum anda melakukan penggantian kampas kopling yang mungkin saja masih bisa dipakai lagi.

Kampas kopling adalah salah satu part yang sangat penting fungsinya yakni meneruskan daya dari putaran mesin menuju gigi penggerak ( transmisi ) yang selanjutnya diteruskan ke sumbu roda sehingga mobil dapat berjalan.

Beberapa ciri kampas kopling yang sudah aus dan sebaiknya harus secepatnya dilakukan penggantian adalah sebagai berikut:

RPM

perhatikan putaran rpm mesin anda,bila rpm mesin lebih tinggi dari biasanya bisa jadi kampas kopling sudah mulai aus karena tingginya rpm disebabkan loss nya kampas.

Pedal kopling lebih tinggi dari biasanya

Bila anda merasakan perbedaan pada pedal kopling yang lebih tinggi adalah salah satu ciri kampas kopling mulai aus. Bila masih memungkinkan anda masih dapat melakukan penyetelan dengan memutar baut penyetel pada jenis kopling manual.

Tetap jalan ketika hand rem posisi on

Untuk mengetahui seberapa parah keausan kampas kopling adalah dengan melakukan pengetesan simple sebagai berikut:

  • Nyalakan mesin dan posisikan hand rem dalam keadaan on ( ditarik keatas ).
  • Injak pedal kopling kemudian masukkan gigi perseneling posisi satu,kemudian lepaskan perlahan - lahan pedal kopling di imbangi dengan sedikit menekan pedal gas secara perlahan.
  • Bila ternyata posisi handrem masih dalam keadaan on ( terangkat keatas ) tetapi mobil tetap berjalan hal ini menandakan kampas kopling wajib segera anda ganti. Dalam keadaan normal mobil akan tersentak dan mesin langsung mati.


Jangan menunggu mobil anda mengalami kerusakan baru kemudian anda melakukan penggantian karena ongkos serta pekerjaan tambahan lebih memberatkan anda nantinya.


Subscribe to receive free email updates: