Cara Cek Bearing Yang Rusak

Advertisement
Mengecek kerusakan bearing roda - bearing roda yang rusak dapat menimbulkan suara gemuruh sehingga sangat mengganggu kenyamanan berkendara. Bearing yang sudah rusak parah juga menyebabkan kemudi sulit untuk dikendalikan karena ban akan bergerak kekiri dan kekanan walaupun kemudi tidak anda rubah posisinya.

Oleh sebab itu sebaiknya anda perlu melakukan pengecekan kaki - kaki terutama pada bagian lahar roda secara berkala setiap kilometer 5000 maupun sebelum dan sesudah melakukan perjalanan jauh sehingga kita tidak mengalami celaka akibat bearing roda mobil yang tiba - tiba ambrol di tengah jalan.

Cara Cek Bearing Yang Rusak
source of picture : http://www.bearings-manufacture.com/

Cara melakukan pengecekan bearing sendiri

Caranya pun cukup mudah yakni dengan mendongkrak ban bagian depan sampai terangkat sepenuhnya. Bila sudah letakkan tangan kiri pada pegas sockbreaker sedangkan tangan kanan memutar roda berlawanan arah laju kendaraan.

Bila anda merasakan getaran seperti gerunjal - gerunjal di pegas sockbreaker hal ini menandakan telah terjadi kerusakan pada bearing roda. Sebaiknya anda sesegera mungkin melakukan penggantian karena bila tidak di ganti dapat menyebabkan kerusakan komponen lain yang tentunya akan lebih menguras kantong anda untuk biaya perbaikan.

Bunyi gemuruh selain disebabkan oleh bearing yang rusak juga dapat disebabkan karena kondisi ban yang kurang baik dimana awal problem ini juga diakibatkan karena kerusakan bearing tadi. Jadi jangan bingung ketika anda sudah mengganti bearing tetap timbul bunyi gemuruh. Silahkan anda cek kondisi ban,bila telapak ban bergelombang silahkan anda rotasi.


Subscribe to receive free email updates: