Kapan Harus Mengganti Busi Pada Mobil

Advertisement
Waktu tepat mengganti busi mobil - Berbicara masalah mobil sepertinya tidak ada habisnya memang.ada saja problem ataupun masalah yang kita temui yang ada pada mobil kesayangan.terlebih lagi mengenai bagaimanakah cara merawat mobil yang benar itu,hal apa saja yang perlu dilakukan,adakah part yang harus diganti dalam waktu tertentu dan kapan harus dilakukan.segudang pertanyaan akan timbul menyelimuti pikiran anda apalagi anda adalah pemilik mobil baru.

oke yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai kapan kita harus mengganti busi dan hal hal apa saja bila kita tidak sempat mengganti dan apa akibatnya,silahkan anda baca sampai akhir.

Kapan Harus Mengganti Busi Pada Mobil
by : howstuffworks.com


Apa itu busi ?

busi adalah salah satu komponen penting yang ada di dalam setiap mesin bermotor baik itu mobil,motor,diesel,dan peralatan/mesin yang menggunakan bahan bakar minyak ( BBM ). Busi ini dirancang secara khusus agar dapat digunakan dalam jangka waktu tertentu yang bilamana ujung ujung elektrodanya sudah aus ( terkikis ) harus segera diganti dengan yang baru.

busi digunakan untuk sistim pengapian pada mesin yang memiliki fungsi utama mengalirkan listrik dari lilitan coil tegangan tinggi dimulai dari ujung terminal menuju ke ujung ujung elektroda sehingga timbulah percikan bunga api yang dapat menyalakan mesin melalui proses kompresi-pembakaran.

PENGGANTIAN BUSI MOBIL

anda bisa melakukan penggantian busi secara berkala yakni setiap 20.000km dan biasanya bengkel resmi sudah memasukkan penggantian busi ke dalam satu paket servis lengkap dengan rincian biayanya.
untuk busi platina iridium anda dapat menggantinya hingga jarak tempuh 50.000km karena busi ini didesain secara khusus dengan pengapian yang lebih baik dan memiliki usia pakai jauh lebih lama namun harga busi iridium bisa hingga 4 kali lipat dari busi standard.

BILA TIDAK DILAKUKAN PENGGANTIAN

bila anda jarang atau bahkan tidak tahu jika busi harus diganti dapat menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna dan boros bensin,mesin tersendat,dan starter yang tidak sempurna.
bila anda belum sempat menganti busi anda bisa melakukan pembersihan busi dari kotoran dan menyetel celah busi.

Untuk artikel lainnya yang berkaitan dengan busi silahkan dibaca juga dibawah ini :



Subscribe to receive free email updates: