Hal Sepele yang Berakibat Fatal Bagian 2

Advertisement
PENGENCANGAN MUR BAN Apakah anda pernah mengalami kesulitan dalam membuka mur roda disaat ban kempes dijalan?.apakah anda sudah mengingat-ingat sewaktu melakukan pengencangan pada mur.kebanyakan pemilik mobil bila mengganti ban sendiri melakukan pengencangan dengan cara menginjak kunci roda sedemikian rupa sampai ia puas memastikan bahwa roda yang ia pasang sudah aman dan tidak khawatir bila roda lepas dijalan.

cara seperti ini akan saya jawab tidak tepat,kenapa?.yang benar adalah lakukan pengencangan secukupnya saja.indikator dari kata cukup adalah sampai mur tidak terputar lagi dan sudah terasaberat bila diputar menggunakan kunci palang dengan kedua tangan.
bila anda melakukan kesalahan dengan cara pengencangan menginjak kunci roda akan membuat ulir dari mur dan baut menjadi tertarik dan lama kelamaan bila sering melakukan cara seperti itu akan habis dratnya ( orang awam menyebutnya DOL ).bila anda masih ragu bisa meminjam SST ( spesial service tool ) pengencang mur yang biasa disebut torsion bar/momen.dengan alat ini anda bisa mengatur seberapa tekanan kekencangan mur yang benar.

ISI BBM DALAM KONDISI MESIN MENYALA

Nah yang satu ini pasti anda seringkali melakukannya :).seperti yang sudah di peringatkan di papan peringatan SPBU pengisian bahan bakar tentang SOP ( standart operation procedure ) yakni mematikan mobil ketika mengisi bensin.sudah banyak kejadian mobil terbakar karena kelalaian seperti ini.dan jangan sampai mobil kesayangan anda menjadi korban selanjutkna.


sepele berakibat fatal



AC vs MESIN

pastikan anda menyalakan AC ketika mesin sudah terlebih dahulu dinyalakan.begitu juga sebaliknya ketika hendak mematikan mesin pastikan anda tidak lupa meng - off kan AC mobil.hal ini bertujuan untuk menghemat usia pakai AKI pada mobil agar lebih awet.

nah itulah tadi beberapa hal yang mungkin anda anggap sepele namun dampaknya bisa sangat fatal bila anda tidak segera menghentikan kebiasaan kebiasaan tersebut.


Subscribe to receive free email updates: